Memasuki bulan September, Oktober hingga Desember ini, hujan sudah mulai turun di sejumlah wilayah di Indonesia. Walau belum merata di berbagai daerah, banyak masyarakat menganggap air hujan adalah berkah, termasuk untuk memenuhi kebutuhan di rumah tangga.

Di beberapa daerah di Indonesia yang kesulitan air bersih, berharap dari air hujan. Ada beberapa manfaat air hujan untuk keperluan sehari-hari di rumah tangga. Mereka bisa mulai memanfaatkannya dengan menampung air hujan yang jatuh langsung dari langit. Berikut adalah beberapa manfaat air hujan untuk kebutuhan di rumah :

  • Untuk di konsumsi menjadi air minum. Sebenarnya air hujan itu baik untuk dikonsumsi karena air hujan memiliki kandungan pH yang aman untuk dikonsumsi. Caranya Tampung air hujan dengan wadah yang bersih, kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, masak air hujan sampai mendidih. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya. Setelah itu baru bisa dikonsumsi.
  • Tak hanya untuk dikonsumsi, air hujan juga dapat kita pakai untuk pekerjaan rumah tangga, misalnya menyikat kamar mandi, mencuci piring, mencuci pakaian, juga membersihkan lantai. Hal ini dapat jadi pilihan untuk menghemat air di rumahmu. Tapi jangan lupa air hujan tetap harus melalui serangkaian proses mulai dari menampung, mendiamkan selama satu jam, serta memasak hingga bersih dan steril agar kebersihan rumah kamu tetap terjaga.
  • Selain untuk hal diatas, air hujan juga bisa kamu manfaatkan untuk menyiram tanaman di kebun serta halaman rumah dan bisa juga untuk mencuci sepeda atau motor di rumah. Untuk menyiram tanaman serta mencuci kendaraan¬† menggunakan air hujan, kamu bisa langsung menggunakannya tanpa harus dimasak.

Jadi saat hujan turun,  jangan sia-siakan air hujan begitu saja. Mari kita mulai manfaatkan air hujan untuk kebutuhan di rumah agar semakin menghemat air tanah dirumahmu!