Saat ini kebutuhan air bersih dan sanitasi di Indonesia menjadi aspek yang harus diperhatikan terutama dalam lingkungan kawasan pemukiman. Kondisi sanitasi yang tidak baik dan buruk dapat menyebabkan pencemaran air dan terjadinya penyakit pada suatu kawasan seperti malaria atau diare.

Sebelum lebih jauh Raja Pompa mau share sedikit apa itu sanitasi, adalah kondisi kesehatan pada masyarakat yang ada kaitannya dengan ketersediaan air minum yang bersih, pengelolan dan pembuangan kotoran manusia dan juga limbah dari cairan. Tujuan adanya sanitasi berguna untuk melindungi kesehatan dengan menyediakan air yang bersih pada lingkungan yang berguna agar tidak terjadi penularan penyakit. Banyaknya penyakit yang mudah menular jika sanitasi dalam sebuah lingkungan sangatlah rendah, contohnya seperti kolera, hepatitis, malaria, diare, dan sebagainya.

Guna mendukung sanitasi yang baik dibutuhkan sistem penyedian air bersih dimana ini dapat mencegah terjadinya penyebaran berbagai macam penyakit melalui air. Dengan adanya sistem penyedian air bersih diharapkan dapat menyalurkan air yang bersih dalam sebuah lingkungan atau rumah dengan jumlah yang sesuai dengen kebutuhan. Hal ini pula harus diperhatikan pasokan debit air (baca Tips Memilih Pompa Air) > (ini link ke artikel Tips Memilih Pompa Air.

Sumber air di bumi ada berbagai jenis sumber air seperti :

  1. Air permukaan diantaranya air sungai, air danau.
  2. Air Laut
  3. Air Hujan
  4. Air Tanah

Sumber air yang sering kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari adalah air tanah, jika dilihat air tanah terbagi menjadi dua air tanah dangkal dan air tanah dalam. Air tanah dalam memiliki kualitas air lebih baik dibandingkan air tanah dangkal. Daya serap air dari permukaan air tanah dangkal lebih banyak mengandung zat kimia berupa garam terlarut meskipun terlhat jernih ya karena sudah melewati  tanah yang terdapat unsur-unsur kimia tertentu, itulah yang menyebabkan air tanah dalam lebih baik dibandingkan air tanah dangkal.

Dalam penyediaan air bersih kita wajib mengetahui dasar-dasar, seperti kualitas air bersih, kuantitas air bersih dan kontinuitas air. Selain itu juga ada syarat-syarat lainnya seperti tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna dan tidak keruh. Diharapkan dengan kualitas air bersih yang kita pahami ini bisa mendukung sanitasi dalam sebuah lingkungan atau perumahan agar terciptanya kesehatan dari air bersih yang kita miliki.