Tahukah kamu teman Sanyo, jika kita mengonsumsi air yang terkontaminasi bisa membuatmu terjangkit berbagai penyakit berbahaya. Maka dari itu, perlu ada tindakan pencegahan agar kamu bisa selalu mengonsumsi air yang tidak hanya segar, tapi juga bersih & bebas bakteri serta kuman.

Berikut adalah kriteria air yang dapat kita konsumsi :

  1. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah air layak konsumsi atau tidak adalah dengan memperhatikan tampilan fisiknya. Jika muncul bau, warna, serta rasa yang tidak lazim pada air, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya.
  2. Air yang aman dan layak konsumsi adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa atau tawar.
  3. Suhu merupakan salah satu parameter penting dalam menentukan apakah air minum tersebut layak konsumsi atau tidak. Hal ini karena sumber air minum yang terpapar suhu tinggi dapat memicu pertumbuhan mikroorganisme dan membuat air minum tercemar.
  4. Meski sulit untuk melihatnya secara langsung, tetapi konsumsi air minum yang mengandung mikroorganisme dapat kamu hindari dengan menjauhkan sumber air minum dari toilet dan tempat pembuangan sampah serta hindari dari sinar matahari.
  5. Selain mikroorganisme, air minum juga tidak boleh mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, seperti arsenik, amonia, benzena, timbal, dan merkuri.

Selain itu, hindari pula mengonsumsi air yang tingkat pH-nya tidak memenuhi kriteria netral (memiliki pH antara 6.5–8.5).  dan jika kamu membeli air minum kemasan pastikan air minum tersebut memiliki izin edar dari BPOM, masih tersegel dengan baik, kemasannya tidak rusak, dan disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.