Kendaraan yang bagus akan terlihat jelek dan tidak ada indahnya jika kendaraan Anda kotor dikarenakan debu, tanah ataupun sisa air hujan yang tercampur dengan debu yang menempel pada kendaraan Anda. Mencuci kendaraan adalah kegiatan yang sebaiknya rutin dilakukan setidaknya minimal seminggu satu kali agar kendaraan Anda tetap terjaga dengan baik, namun dalam mencuci kendaraan memiliki cara-cara yang tepat agar kendaraan Anda tidak hanya bersih tapi juga aman dari resiko korslet mesin. Nah Raja Pompa akan membagikan tips untuk cara yang tepat dalam mencuci kendaraan Anda terutama mobil (motor nanti akan menyusul tipsnya ya) terbagi menjadi empat bagian, yaitu :

1.Mencuci mobil bagian luar

Tahap pertama adalah membersihkan kendaraan dengan cara menyemprotkan air dari selang kira-kira 20-30 detik, hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan debu dan pasir yang menempel pada mobil Anda agar nanti tidak terjadi goresan pada mobil Anda ketika Anda menggosoknya. Eits sebelum disiram jangan lupa tutup dulu semua jendela dan pintu mobil yang rapat, jangan sampai ada air yang masuk ya. Selanjutnya gunakan spon yang bersih untuk mencuci mobil diawali pada bagian atapnya dulu ya. Berikutnya gunakan sabun pencuci mobil yang Anda miliki untuk memulai penyabunan, ingat ya jangan mencuci mobil dibawah terik sinar matahari secara langsung karena akan menyebabkan flek atau bekas pencucian yang bisa mengurangi umur cat mobil Anda. Setelah itu bilas atau siram dengan air selang dan pastikan pompa air yang Anda miliki juga berjalan dengan lancar jangan sampai ketika lagi membilas sabun tidak hilang dengan benar karena akan menyebabkan kerusakan pada cat mobil. Nah setelah itu lap mobil Anda menggunakan kain yang tidak berbulu atau berserat agar tidak terjadi goresan lainnya dan pastikan tidak ada minyak atau pasir di lap agar tidak terjadi kerusakan pada cat mobil Anda.

2. Membersihkan mobil bagian dalam

Bagian dalam atau eksterior tidak membutuhkan air yang banyak, cukup sedikit saja air sabun yang Anda gunakan, bahkan sebaiknya mengunakan cairan khusus yang tersedia untuk membersihkan interior mobil Anda. Kotoran dalam mobil biasanya disebabkan karena makanan, minuman, telapak tangan dan alas kaki. Perlu diingat untuk tidak menggunakan deterjen pakaian ataupun deterjen pemutih untuk membersihkan bagian dalam mobil anda, selain itu sangat penting agar pintu mobil Anda harus selalu terbuka ketika sedang membersihkan bagian dalam mobil Anda agar proses penguapan berjalan dengan baik.

3. Membersihkan bagian mesin 

Bagian ini sangat harus wajib hat-hati, karena terdapat beberapa bagian yang sensitif dalam mobil Anda. Dalam bagian mesin ini terdapat beberapa bagian yang tidak boleh terkena air seperti accu, kabel-kabel & sensor. Gunakan air dengan aliran yang tidak terlalu keras dan secara perlahan alirkan kebeberapa bagian yang terlihat debu, sisa minyak atau oli. Untuk membersihkan bagian mesin Anda sebaiknya menggunakan cairan khusus untuk bagian mesin dengan cara menggunakan kuas secara perlahan pada bagian-bagian mesin mobil Anda, setelah itu diamkan sejenak baru alirkan kembali dengan air yang tidak terlalu keras.

4. Mencuci bagian velg dan ban mobil

Komponen velg dan ban adalah bagian mobil yang paling mudah kotor karena bagian ini langsung menyentuh tanah ataupun permukaan lainnya, maka dari itu kotoran sangan dengan mudah menempel di velg dan ban. Pertama gunakan sabun khusus untuk membersihkan velg yang berwarna, sedangkan untuk velg yang tidak ada warnanya bisa menggunakan sabun biasa, jika ada noda yang sulit hilang gunakanlah sikat berbulu untuk membersihkannya bisa juga menggunakan sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian velg yang sulit dijangkau. Berikutnya dalah bagian ban, pada bagian ban gunakan sikat untuk membersikan pastikan tidak ada kerikil yang tertinggal pada bagian ban untuk menghindari kerusakan pada ban Anda. Bilas dengan air setelah selesai membersihkannya.

5. Mencuci bagian bawah mobil

Bagian ini adalah bagian yang paling sulit dijangkau, disarankan untuk membersihkan bagian ini adalah pergi ke tempat pencucian mobil yang terdapat jasa untuk membersihkan bagian bawa mobil Anda. Jika tidak bisa Anda cukup membersihkan bagian bawah mobil pada bagian sekitar ban untuk mengurangi kotorangan yang menempel, caranya cukup menggunakan sikat dan sabun lalu semprot dengan air selang Anda.

Nah demikian tips dari Raja Pompa dalam mencuci kendaraan Anda, agar telihat lebih bagus Anda dapat menambahkan semir ban agar ban anda terlihat lebih bagus dan indah. Dan usahakan setidaknya 6 bulan sekali lakukan poles body dan kaca mobil Anda untuk menghindari jamur-jamur yang menempel