“pompa air harus dipancing air dulu ya!”

“kenapa ya pompa airnya berisik?”

Kira-kira mungkin demikian sebagian kata-kata yang sering kita dengar atau hadapi sendiri ketika pompa air bermasalah, nah kali ini Raja Pompa mau share bagaimana caranya memperbaiki pompa air sebagai penanggulangan pertama kali.

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah pompa air yang baik dilihat berdasarkan :

  1. Cepat berjalan lancar saat dinyalakan pertama kali
  2. air terangkat secara besar dan cepat tanpa kendala
  3. tidak ada suara berisik ketika menyala
  4. Tidak panas ketika sedang menyala

Ke-empat hal tersebut merupakan kriteria bahwa pompa air kamu dalam keadaan baik-baik saja, namun jika kriteria tersebut tidak ada maka pompa kamu sedang bermasalah, jadi harus di cek atau bahkan harus diperbaiki.

Pompa air yang harus dipancing merupakan salah satu yang sering dialami, untuk memperbaiki pompa air dengan permasalah ini yang harus dicek terlebih dahulu adalah di bagian pipa hisap  pompa air, mungkin terjadi kebocoran atau bisa juga terjadi kerusakan pada bagian tusen klep. Tusen klep ada pada bagian jaringan pompa air yang berfungsi untuk menahan air agar air tidak kembali ke sumber air yang bertugas untuk membawa  air agar terhisap ke pompa air ketika bekerja. Tusep klep ada pada bagian bawah pompa air, tidak jauh dari saringan pompa air yang berakhir  pada masuknya pipa hisap agar pompa air dapat mengalirkan air ke penampungan air atau toren. Untuk memperbaiki tusen klep kamu harus menyiapkan kunci pipa terlebih dahulu. Jika sudah berhasil membuka tusen klep cara melakukan test adalah dengan memasukan air kedalam tusen klep. Jika air pada tusen klep tersebut berada pada takaran yang stabil maka sudah bisa dipastikan  bahwa tusen klep tersebut masih bekerja dengan baik, sebaliknya jika air mengalir kebawah berarti tusen klep perlu diperbaiki atau bahkan sebaiknya diganti.

Pompa air yang berisik biasanya disebabkan gangguan pada bagian poros yang memanjang pada kipas belakang pompa air terus ke arah impeller pompa air. Pada umumnya terjadi kemacetan pada pompa air yang berimbas ke impeller  yang terganjal karena karat atau bahkan kerikil kecil sehingga kinerja impeller tidak bisa berjalan dengan baik. Dan ini akan menyebabkan bering atau laher terjadi kerusakan juga yang ditandai dengan suara berisik, macet dan berkarat. Untuk melakukan pengecekan impeller hal yang harus dilakukan adalah dengan cara membuka bagian penutup pompa air, buka bagian impeller dengan menggunakan obeng min lalu cek bagian sealnya ya. Bagian seal bertugas untuk menutupi bagian poros pompa air agar air tidak masuk dan keluar, coba tuangkan air dengan posisi pompa air menghadap ke atas perhatikan dibagian seal ya, kalau air yang dituang tadi surut atau kalau kamu lihat dibagian bawah kepala penampung pompa air ada yg bocor berarti sudah saatnya untuk diganti. Namun jika impeller dalam keadaan baik dan ketika kipas diputar pada bagian belakang pompa air masih tidak normal, berarti yang rusak adalah pada bagian bearing. Cara mengatasinya adalah buka bagian penutup depan, bersihkan kotoran yang membuat impeller tidak berjalan dengan baik, cek kembali impeller dengan cara memutarnya lalu tutup kembali bagian depan pompa air tersebut. Jika sudah berjalan dengan baik selamat kamu sudah berhasil memperbaiki pompa air kamu.

Jika kamu ada kendala lebih jauh terkait dengan pompa air yang kamu miliki, kamu bisa kontak ke pusat service pompa sanyo disini