Kolam ikan tidak pernah terlepas dari kotoran yang hinggap di dalam air. Terlebih apabila letak kolam berada di luar ruangan. Kolam diluar ruangan (taman) memang indah dan dirasa tepat, namun dari segi perawatan akan membutuhkan usaha yang ekstra. Kolam ikan tersebut akan lebih rawan terkena kotoran, seperti  debu, dedaunan kering dan juga lumut. Lumut-lumut yang berada di dasar kolam sebenarnya bermanfaat sebagai makanan alami bagi ikan tersebut. Namun apabila populasi lumut ini sudah melebihi batas normal,  lumut ini dapat merusak keindahan kolam.

Sinar matahari langsung dapat memicu pertumbuhan spora menjadi lumut, selain itu bahan sisa pakan ikan dan kotoran ikan juga jadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya lumut di kolam. .

Berikut cara hilangkan lumut di kolam dengan cara alami :

  1. Mengurangi populasi ikan bisa jadi cara membersihkan lumut di kolam ikan dengan mudah.Populasi ikan yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan volume kolam akan mempercepat air menjadi keruh.Hal ini disebabkan oleh kotoran ikan yang dihasilkan sehingga cepat mendatangkan lumut untuk tumbuh dan berkembang biak

  2. Memelihara spesies ikan yang gemar mengkonsumsi lumut dan ganggang hijau.Ikan pemakan lumut kolam diantaranya adalah ikan mas, nila, koi, sapu-sapu, dan jenis ikan pemakan lumut lainnya.Jangan terlalu banyak menghadirkan jenis ikan tersebut agar ikan utama tidak merasa terintimidasi.

  3. Kapur pertanian atau dolomite ternyata memiliki manfaat yang dapat meningkatkan derajat keasaman air. Seperti yang diketahui, bahwa lumut sulit untuk berkembang biak pada kondisi air yang bersih basa. Oleh karena itu, penggunaan kapur dolomite sangat membantu pengendalian populasi lumut dalam kolam.

  4. Tumbuhan air merupakan cara yang tepat untuk dijadikan pesaing bagi lumut dalam memperebutkan nutrisi di dalam air. Contoh tanaman ini adalah eceng gondok, teratai dan yang lainnya.

  5. Peranan filter dalam kolam sangat penting dalam mempertahankan kualitas air. Oleh karena itu, kolam ikan  juga perlu menggunakan alat ini agar kondisi air tetap stabil.

  6. Seiring dengan berjalannya waktu, sisa pakan dan kotoran ikan yang tidak dibersihkan akan mengendap di dasar kolam dan berubah menjadi lumpur. Sampah-sampah lain yang berasal dari luar seperti daun dan sebagainya juga dapat melapuk dan ikut berubah menjadi lumpur. Untuk mencegah datangnya lumut di kolam ikan Anda, lumpur ini harus segera dibersihkan secara berskala. Jangan lupa gosok permukaan

Semoga informasi & tips diatas dapat  membantu teman Sanyo menghilangkan lumut di kolam dengan cara-cara alami. Bila ada pertanyaan silahkan komentar di kolom bawah yaa!