Teman Sanyo tahukah kamu jika pompa air sumur dalam terdiri dari dua jenis yaitu semi jet pump dan jet pump. Jenis pompa air semi jet pump digunakan untuk sumur yang memiliki kedalaman air hingga 11 meter dan tinggi 9 meter. Sedangkan mesin jet pump biasanya digunakan untuk sumur yang sangat dalam dengan kedalaman maksimal 20 meter. Perbedaan keduanya terletak pada daya sedot dan daya dorong mesinnya yang disesuaikan dengan kedalaman sumur.

Berdasarkan spesifikasinya, pompa air jet pump memiliki daya hisap dan daya dorong paling jauh, dibandingkan dengan pompa sumur dangkal dan pompa benam. Jika pompa benam mampu mengangkat air dari sumur dengan kedalaman yang sama dengan jetpump bukanlah daya hisap yang dioptimalkan, melainkan daya dorongnya yang cukup jauh.

Beberapa hal yang membuat pompa jetpump lebih menghasilkan debit air yang banyak :

  • Motor listrik atau mesin pompa, dinamo pompa pada jet pump berukuran lebih besar agar mampu menghasilkan kekuatan besar baik secara RPM yang lebih cepat dan PK yang lebih kuat.

  • Pompa air jet pump yang mampu menghisap air 50 meter menggunakan daya 500 watt. Daya yang sangat besar untuk ukuran sebuah pompa air. Sangat berbeda dengan pompa sumur dangkal yang hanya mengkonsumsi daya 125 watt saja.

  • Menggunakan motor listrik yang besar ini berfungsi agar dapat memutarkan impeller yang besar  seacara optimal sehingga mampu menghisap air dari jarak yang jauh. Dengan impeller yang besar juga mampu menghisap air lebih banyak.

  • Injektor atau para pemasang sering menyebutnya dengan nama mata jet bukanlah komponen yang berbentuk seperti mata. Mata jet ini adalah rahasia terbesar kenapa pompa air sumur dalam mampu menghisap air lebih jauh dibanding pompa air biasa. Injektor ini adalah alat yang digunakan untuk mengaplikasikan air dari pipa dorong untuk membantu mendorong air agar naik menggunakan pipa hisap. Ini menjelaskan kenapa jet pump memiliki kekuatan hisap yang lebih kuat dibanding pompa biasa Jadi, selain dihisap oleh pipa hisap, air dari dasar pompa juga akan dibantu naik dengan adanya dorongan dari air yang sudah berada pada pompa. Itulah beberapa alasan atau rahasia kenapa pompa air sumur dalam jet pump memiliki daya hisap yang lebih kuat dibanding pompa biasa.

Sanyo memiliki banyak pilihan pompa air jetpump untuk teman Sanyo di seluruh Indonesia dengan berbagai tipe pompa sumur dalam baik buatan Indonesia maupun Jepang. Pompa air sumur dalam non-otomatis made in Indonesia dengan tipe PD-WH130B & PD-WH200B, pompa air sumur dalam otomatis made in Indonesia dengan tipe PD-H200B & PD-H250B. Pompa air sumur dalam  tipe otomatis made in Japan dengan tipe PD-S255A, PD-H255DJP, PD-H405JP, PD-H255JP, PD-H605JP.