Air merupakan salah satu kebutuhan penting dalam hidup kita sehari-hari. Agar kita bisa mencukupi kebutuhan air  di rumah, pastikan memilih pompa air yang tepat untuk kondisi sumur atau sumber air di rumah kamu. Mengingat pompa air untuk kebutuhan jangka panjang, kamu tak bisa sembarangan dalam memilih pompa terbaik yang tepat untuk rumahmu. Sebelum memilih pompa air untuk rumahmu, kamu harus memperhatikan kondisi sumur dan kondisi air di rumahmu.

Nah sebelum kamu membeli pompa air untuk rumah, wajib perhatikan 5 hal ini!

  1. Ukur kedalaman permukaan air. Jika kurang yakin saat mengukur, mintalah bantuan tukang untuk mengukurnya menggunakan pipa pompa air atau benang dan paku. Kedalaman permukaan air yang kurang dari 7 meter cocok menggunakan pompa air sumur dangkal. Jika kedalamannya 7-9 meter, maka gunakanlah pompa air semi jet pump. Untuk kedalaman 14 meter lebih, gunakan pompa air celup. Sedangkan untuk kedalaman 20-30 meter, gunakanlah pompa air jet pump.

  2. Pilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan air masing-masing rumah tangga berbeda. Biasanya tergantung jumlah penghuni dan kegiatan sehari-hari. Jika penghuni rumah ada banyak, kamu sering memasak dan mencuci baju sendiri di rumah, pilihlah pompa air yang memiliki daya hisap besar dan mampu menghasilkan debit air dalam jumlah besar. Dengan demikian seluruh penghuni rumah bisa menggunakan air tanpa harus menunggu lama.

  3. Perhatikan voltasenya. Sesuaikan dengan daya listrik rumah agar tidak keberatan. Biasanya semakin besar kekuatan pompa air, maka voltasenya akan semakin tinggi juga. Tapi hindari juga voltase yang terlalu rendah karena bisa mempengaruhi debit air yang dialirkan.

  4. Pilih yang suaranya halus. Pompa air dengan suara mesin yang halus tentu akan membuat para penghuni rumah lebih nyaman. Selain itu, dari suara ini kamu bisa menilai apakah ada komponen yang janggal.

  5. Mesin pompa memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada mesin yang ukurannya kecil yang biasanya untuk di dalam ruangan dan lokasi-lokasi yang sempit. Ada juga mesin yang berukuran besar dan biasanya disimpan di luar ruangan. Sesuaikan ukuran pompa yang hendak dibeli dengan kondisi rumahmu!

  6. Jangan lupakan garansi ketika kamu membeli mesin pompa air. Sebab dengan adanya garansi, kamu akan lebih aman dan tidak memerlukan biaya perbaikan tambahan jika sewaktu-waktu mesin pompa rusak. Dengan adanya garansi, semua lebih aman!