Saluran air merupakan salah satu komponen wajib yang dimiliki dirumah/hunian tempat kita tinggal. Jika tidak ada saluran pembuangan air tentu rumah akan terasa lembab dan kotor. Rumah pun menjadi tidak nyaman ditinggali, bahkanbisa menjadi sumber penyakit.

Oleh karena itu, saluran air harus selalu dirawat agar kebersihan rumah selalu terjaga, karena jika saluran air mampet aliran air akan terganggu. Air pun akan menggenang di kamar mandi ataupun bak cuci piring. Berikut adalah tips menjaga saluran pembuangan  air : 

  1. Bersihkan saluran air secara rutin. Banyak benda kecil yang secata tak sengaja masuk ke saluran pembuangan yang akhirnya akan menumpuk di satu titik & membuat mampet. Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan saluran pembuangan secara rutin. Kamu bisa pakai baking soda ataupun cuka untuk menghancurkan kotoran di dalam saluran pembuangan air yang sulit terjangkau.
  2. Jangan buang apapun ke saluran air. Seperti yang telah disebutkan, tanpa kita disadari banyak benda kecil yang seringkali masuk ke saluran pebuangan bersama dengan air. Pada bak cuci piring, biasanya benda tersebut adalah sisa-sisa makanan. Sedangkan pada kamar mandi, benda tersebut rambut rontok atau tisu. Jangan lupa selalu buang sisa-sisa makanan di tempat sampah sebelum kamu mencuci piring. 
  3. Pilih pipa yang tepat. Agar saluran pembuangan tidak mampet & terjaga, ini bisa dilakukan saat membangun saluran pembuangan.  Salah satunya dengan memilih pipa yang tepat. Idealnya, pipa untuk saluran air adalah pipa berdiameter besar, sekitar 4 inci atau sekitar 10 cm. Jika pakai  pipa yang kecil lebih rentan tersumbat. Selain itu, pilih pipa dari bahan resin murni yang tidak mengilap. Pipa yang tidak mengilap akan lebih tahan dan tidak mudah pecah.
  4. Selain pipa yang tepat, perhatikan bentuk sistem saluran air saat membangunnya. Hindari belokan pipa yang terlalu banyak. Karena  semakin banyak belokan, saluran air akan lebih mudah tersumbat. Idealnya, saluran air di rumah menggunakan sistem belok Y yang memiliki kemiringan 45 derajat. Sistem ini memudahkan kotoran serta air mengalir keluar. Semakin miring, semakin mudah. Jika memungkinkan, buat sistem saluran air dengan bentuk lurus tanpa belokan agar air bisa langsung mengalir tanpa ada hambatan. .

Yuk, jaga kebersihan dan kelancaran saluran pembuangan air di rumahmu. Kebersihan dan kenyamanan rumah dimulai dari kedua hal tersebut loh. Ikuti tips diatas agar selalu terjaga kebersihan saluran pembuangan dirumahmu ya teman Sanyo !!