Musim penghujan telah tiba dan ini  bisa pagi, siang atau malam. Hujan memberikan kesejukan pada saat terik, tetapi hujan yang sering membuat tubuh kita kehilangan stamina. Pada saat musim hujan, genangan air makin menumpuk sehingga menarik perhatian nyamuk. Kuman pun cenderung bertahan lebih lama dan ‘rajin’ berkembang biak di kondisi lembap ini. Tak heran bila di periode ini penyakit seperti infeksi flu dan kulit makin banyak. 

Teman Sanyo Ingin tetap semangat dan produktif saat musim hujan? Lakukan tips menjaga kesehatan saat musim hujan berikut ini: 

  1.  Jaga tubuh agar tetap hangat, gunakan pakaian hangat. Musim hujan membuat badan mudah kedinginan, apalagi saat kehujanan di jalan. Pastikan untuk menggunakan jaket, sweater, baju lengan panjang, dan celana panjang untuk mencegah tubuh jadi menggigil karena kedinginan.
  2. Terapkan 4M. Selama musim hujan, genangan air dan sampah akan semakin menumpuk sehingga memicu perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah. Oleh karena itu, kamu wajib menerapkan gerakan 4M plus yaitu Menguras dan menutup rapat tempat penampungan air. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air. Memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk. Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti-nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kasa anti-nyamuk, menaburkan bubuk larvasida ke dalam tempat penampungan air, dan sebagainya.
  3. Rajin mencuci tangan. Cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari serangan kuman adalah dengan menjaga  kebersihan diri, seperti mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air. Lakukan ini sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah dari toilet, dan setelah memegang benda-benda yang dipakai bersama.
  4. Olah raga & istirahat teratur. Luangkan waktu untuk tetap olah raga rutin, minimal streching agar tubuh tetap hangat, sirkulasi darah dan otot tetap terjaga. Jika hujan bisa dilakukan di dalam rumah. Tidur atau istirahat yang cukup akan membuat tubuh cepat recovery dari pekerjaan di awal hari sehingga esok hari tubuh menjadi lebih segar dan bugar.
  1. . Jaga Pola Makan. pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Berikut berbagai makanan sehat saat musim hujan yang perlu kamu  konsumsi: 
  • Karbohidrat kompleks: nutrisi ini sangat baik dikonsumsi untuk membantu Anda tetap fit. Karbohidrat dapat diperoleh dari nasi merah, kentang, gandum, dll. 
  • Bawang putih dan jahe: makanan yang dapat meningkatkan sistem imun.
  • Sayuran dan buah-buahan: kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral sehingga baik untuk dikonsumsi.
  • Makanan yang mengandung probiotik: dapat melindungi tubuh dari infeksi, misalnya tempe, keju dan yoghurt.
  1. Konsumsi suplemen serta vitamin tambahan. Ketika tubuh kurang fit, cobalah mengonsumsi suplemen tambahan agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi dan sistem imun meningkat. 

Semoga Teman Sanyo  bisa melewati musim hujan dengan lebih santai, tanpa harus diganggu oleh kuman penyakit ataupun banjir. Jangan lupa lakukan tips diatas untuk menjaga kesehatan saat musim hujan dan terhindar dari sakit.