Pemahaman tentang penggunaan pompa air sangatlah dibutuhkan untuk menghindari terjadinya kerusakan yang disebabkan ketidaktahuan kita tentang perawatan serta pemakaian yang baik dan benar pada mesin pompa air dirumah. Untuk menghindari hal itu, berikut adalah beberapa cara merawat pompa air yang bisa kamu terapkan dirumah :

  1. Gunakan hanya 1 stop kontak saja (khusus) untuk pompa air kamu dirumah.
  2. Tempatkan pompa air di tempat teduh, kering dan tidak terkena hujan atau panas matahari langsung. Jika diperlukan buatlah rumah pompa.
  3. Jangan meletakkan mesin pompa di tempat rendah atau di bawah sumber isapan air, karena apabila terendam, pompa dapat mengalami kerusakan pada mesin.
  4. Saat membuat sambungan pipa, usahakan jangan banyak tikungan pada pipa agar tidak menghambat aliran air dan terhindar dari kebocoran.
  5. Jangan gunakan mesin pompa air mesin pompa apabila tengah dalam kondisi kering sebab akan menyebabkan kerusakan pada motor penggerak.
  6. Jangan mengoperasikan mesin pompa pada suhu ekstrem (sekitar di atas 40°C atau dibawah 5°C).

Jangan lupa secara berkala berikan oli pada gigi putar atau leher mesin pompa air dan apabila dalam jangka waktu lama pompa tidak digunakan maka ada kemungkinan debu atau kotoran air dalam pipa melekat atau bahkan mengeras sehingga motor tidak dapat beroperasi, jadi saat akan menyalakan pompa air cek kembali ya.